Gajah Taman Safari Hasilkan 210 Lembar Kertas per Hari

Gajah Taman Safari Hasilkan 210 Lembar Kertas per HariBOGOR--MICOM: Dari kotoran gajah di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat,  telah berhasil disulap menjadi 210 lembar kertas.

Kepala Divisi Bidang Pertamanan Kompos dan Kertas Mukdor Khasani dalam penjelasannya, Jumat (9/11), mengatakan dalam satu hari TSI menghasil 2 ton kotoran gajah dari 40 ekor yang ada.

"Dari 2 ton kotoran diolah setiap harinya. Dari 100 kg serat kotoran dikeringkan menghasil
kan 4 kg kotoran kering. Dari 4 kg serat kering menghasilkan 210 lembar kertas ukuran 40x50 cm," katanya.

Mukdor menambahkan proyek pengelolaan kotoran gajah ini dijadikan pupuk kompos dan kertas. Pupuk kompos sudah dimulai sejak 1990. 

"Kertas dari kotoran gajah ini sudah dibuat untuk buku, amplop, cetak foto, undangan dan frame foto," katanya.

Upaya yang dikembangkan  Taman Safari Indonesia yang mengelola kotoran gajah untuk pembuatan kertas menuai apresiasi dari Menteri Negara Lingkungan Hidup Prof Dr Baltasar Kambuaya.

"Pemanfaatan kotoran hewan untuk pembuatan kertas ini merupakan yang pertama di Indonesia. KLH sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Taman Safari Indonesia," kata Menteri saat meresmikan pusat pengolahan kotoran gajah menjadi kertas Safari Poo Paper di kompleks Taman Safari Indonesia, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jumat (9/11).  (Ant/OL-2)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © I'm a Geomatic